Misteri DIKLAT !!!!!

Nyam.nyam.nyam ..!!!
 Awal tahun 2010, para pengurus paskibra 03 mengadakan PROKER yaitu pendidikan dan pelatihan kepaskibraan yang biasanya dikenal dengan sebutan "DIKLAT". yang wajib diikuti oleh anggota baru dimana DIKLAT merupakan pengkaderan terakhir yang musti kami jalani setelah yang namanya DIKSAR dan Pelantikan. Banyak yang mengatakan dan menganggap bahwa DIKLAT itu sama dengan DIKSAR (Woow...!!!). Entah darimana teman-teman saya mendapat info tersebut (Sapa lagi klo bukan seniorx .._^). Haripun berlalu dengan cepat (Wuih...luar biasa !!), tak kusadari ini sudah tanggal 19 Januari 2010 mendekati acara DIKLAT. Semakin hari semakin mendekati acara DIKLAT, anggota baru pun semakin berkurang yang ikut karena isu-isu yang beredar.
Mereka menganggap DIKLAT itu hanya main kontak fisik seperti apa yang telah menjadi pengalaman kami saat menjalani proses DIKSAR (ndak jie dech, tapi sedikit jie._^ he.he.he). Namun pada hari ini ku melihat dengan semangat jiwa yang membara para pengurus berusaha agar DIKLAT ini dapat berjalan lancar dan sukses dan kakak senior juga berusaha agar peserta bisa lebih banyak yang ikut.

Seriusko, nti ditembak ma tentara, he.he.he....
Tak terasa kini waktu telah mendekati DIKLAT, saya dan teman-teman yang lain merasa takut, deg-degan, dan penasaran. Keesokan harinya DIKLAT pun akan dilaksanakan sepulang sekolah ini, kemudian akhirnya kami pulang dan bersiap-siap untuk menghadiri acara pembukaan pendidikan dan pelatihan kepaskibraan IX, tak terasa acara pembukaan pun telah selesai, lalu dilanjutkan dengan pemberian materi yang dibawakan oleh kakak PPI yaitu ka'Fajrin. Adapun materi yang dibawakannya tentang sejarah merah putih dan paskibraka, saat ka'Fajrin membawa materi tersebut kami mampu menangkap secara cermat. setelah selesai kami semua pulang dan DIKLAT masih akan dilanjut hingga hari minggu.

Wach...bakalan menderita lagi nih !!!
Keesokan harinya, seperti kemarin pemberian materi yang akan dibawakan oleh kakak PPI yaitu ka'Dilah, saat materi berlangsung kami sering bercanda dengan ka'Dilah. setelah itu kami ISOMA hanya 5 menit jie dan dilanjutkan pemberian materi lagi namun kali ini berbeda tempat. Materi berlangsung di lapangan. kami semua bergegas mengganti baju olahraga. Materi kali ini tentang LBB, semua bersikap tegang dan kaku karena ternyata materinya dibawakan oleh seorang tentara. pertama kali nih saya di ajar sama dia. kami semua diberikan aba-aba dasar, lucunya selama mengikuti materi ini kami seakan-akan seperti patung yang tak bernyawakarena saking deg-degan, takut, tegang, dan salah tingkah karena begitu banyak kakak PPI, kakak alumni, dan kakak senior memandang ke arah kami (Wuih ...Geernya dech !!!). selama LBB berlangsung 25 menit dengan rasa ketegangan itu ternyata ada rasa humor dan itu menyenangkan. Pukul 18.00 akhirnya LBB selesai. Rasanya capek benget dan kamipun semua pulang.


Tanggal 23 Januari 2010, hari inilah yang menegangkan dan hari ini pulalah yang membuat kami takut dan taruma dengan DIKSAR. Saya pun merasa sangat penasaran sekali. Pukul 19.00 DIKLAT dilanjutkan dengan pemberian materi yang dibawakan oleh kakak alumni sekaligus sebagai kakak PPI yaitu Ka'Mumu yang membawakan materi tentang makna lambang kepaskibraan. Saya dan teman-temaan saangat menyukai dengan materi ini, selain itu cara mengajarnyapun dapat mudah untuk ditangkap (Emang lalat mw ditangkap...he.he.he!!). Tak lama kemudian kami ISOMA lalu dilanjutkan pemberian materi yang dibawakan oleh Ka'Arham yaitu kakak PPI, kemudian ISOMA (Bech cepatnya ISOMAnya...) lalu dilanjutkan pemberian materi oleh Ka'Chaidir yaitu kakak alumni. Kami diajarkan tat cara persidangan yang benar, kemudian santap makan malam. Kami diajarkan tata cara makan paskibra yang benar, mulai dari cara duduk, cara memegang sendok dan garpu, dan sikap. Hal yang paling menarik ialah saat makan perkelompok, dikelompok saya ada anggi, fachriah, dan fajriah. Kemudian Ka'Isna memberikan waktu 5 menit lagi untuk makan. Saya, fajri, dan fachriah sudah tak mampu lagi menghabiskan makanan, tapi untung saja ada anggi. padahalkan tinggal 2 kelompok yang belum menghabiskan makanan yaitu kelompokku dengan kelompoknya anggi. Ternyata mampu menghabiskan 3 piring dengan wajah kekenyangan dan tak sanggung lagi berkata apa-apa (Balalana .....!!). Akhirnya kelompok dari ayyub yang diberi hukuman mencuci piring karena tak dapat menghabiskan makanannya. Saya jadi kasihan kepada mereka (So sweet ..._^). Setelah itu kami kembali ke ruang multimedia untuk melanjutkan acara malam ramah tamah oleh alumni, namun sebelumnya Ka'Isna masuk ruangan bercerita banyak hal tentang dirinya.


Saat acara ramah tamah pun tiba. Kami semua kelas 1 memperkenalkan diri dengan para alumni, lalu tertawa bersama, inilah yang ku inginkan bisa berkumpul bersama dengan kakak senior, teman-teman, dan kakak alumni. Pada pukul 00.15 tiba akhirnya acara ramah tamah selesai namun sebelum itu kami bermain bersama Ka'Fafa. Dalam permainan itu ada makna bahwa kita takkan pernah melupakan saat-saat kebersamaan bersama keluarga besar paskibra 03. Setelah itu akhirnya kami tidur bersama, pada saat yang sama laki-lakinya bercerita-cerita sehingga membuat kami yang lain terganggu. Hingga tiba pukul 02.00, kami semua dibangunkan oleh Ka'Ais dan Ka'Brahma. Kami berbaris sesuai kelompoknya masing-masing, lalu kami diberi arahan untuk menjalankan misi dan memecahkan beberapa petunjuk sampai menemukan lencana bergambar logo paskibra 03. Saya pikir kami akan di DIKSAR ulang kembali, tapi ternyata tidak. Jujur ini sangat seru ternyata acara DIKLAT itu seru dan ini adalah hal yang paling menarik. Semua kelompok berlomba-lomba mencari lencana tersebut. Tak lama kemudian 3 lencana yang telah kudapatkan di tangga dekat Kelas 2 IPS 1, Lab. komputer, dan Ruang B.K. Setelah itu kami mendapatkan petunjuk terakhir yaitu "Satukan Aku Dengan Teman-temanku Di Sebuah Tempat Yang Luas" dan saya tau apa maksudnya (Ye..Alumnimu ji itu kasih twko maksudnya apa... !!!). Kami semua berkumpul di lapangan menunggu semua kelompok selesai. 15 menit kemudian kami menyatukan petunjuk yang paling penting ternyata jawabannya adalah ruangan kelas X.5, rasa penasaranpun timbul "Ada apa dengan kelas X.5 ?", lalu kami disuruh Ka'Brahma untuk menuju ke kelas X.5, sesampainya ditangga kami menemukan dan melihat ada taburan bunga yang mengantarkan kami menuju kelas X.5. Sampainya di kelas, kami tunduk dan kemudian dimainkan sebuah instrumen pengiring beserta puisi yang dibacakan oleh Ka'Chiko dan Ka'Ira tentang keluarga, teman, dan orang tua terutama seorang ibu. Inilah saat yang menyedihkan, kami semua menangis saat merenung dengan apa yang telah kita lakukan kepada mereka. Tak lama itu tiba-tiba kami mendengar suara adzan, satu-persatu dari kami maju kedepan sambil hormat dan mencium bendera pusaka Indonesia, ternyata ini adalah prosesi acara pengukuhan.


Acara pengukuhan itu berlangsung selama 30 menit dan kami ikut serta menyanyikan lagu "Syukur", lagu ini serasa membuat kami merinding, stelah acara pengukuhan kami kembali ke ruang multimedia untuk istirahat kembali. Saat istirahat ada yang sholat, mandi, tidur, dan ada juga yang menghafal materi yang telah diberikan. Karena ada ujian evaluasi yang kan diadakan hari ini, pukul 06.30 kami berkumpul di lapangan untuk olahraga pemanasan dan lari pagi dengan megelilingi kawasan luar SMAN 3 menuju kawasan SMAN 2 dan SMKN 1. Setelah itu kami mengadakan acara inagurasi, tapi sayangnya tidak jadi karena semua tak bisa berfikir memberikan ide untuk hiburan. Acara inagurasi pun batal dan diganti dengan acara menulis artikel. Ka'Eqhy memberikan waktu 30 menit, akan tetapi waktu yang begitu cepat berputar dan tak mungkin untuk menyelesaikannya. kemudian kami mandi dan memakai pakaian putih-putih layaknya pengibaran. Setelah itu kami makan pagi sama seperti kemarin dengan menggunakan tata cara makan yang benar, dan makanan harus dihabiskan. Setelah acara santap makan pagi, kami bergegas untuk merapikan pakaian kami lalu melanjutkan kembali acara selanjutnya adalah pelantikan sekaligus penutupan. Tak disangka acara DIKLAT ini akhirnya akan selesai, inilah saat yang mengharukan saat pembacaan ikrar putra indonesia. kami lantangkan dengan suara kami dan berjanji di atas nama Sang Merah Putih. Setelah sambutan-sambutan oleh kakak PPI dan sekaligus peresmian angkatan 2009 yang telah menjadi anggota paskibra yang diakui se-kota makassar. Dan kamipun pulang dengan membawa cerita, kesan, ilmu, dan rasa bangga. Salut buat pengurus ..._^ !! Demikianlah cerita kami .....

Oleh :

Ilda Nurida

You Might Also Like

0 komentar


Chatting Yuk...

Flickr Images