Program kerja SMAGA

SMA Negeri 3 Makassar untuk tahun pelajaran 2007 – 2008, setelah menyelenggarakan rapat kerja untuk merumuskan program kerja selama satu tahun, maka dihasilkan lima program kerja yang sangat urgen dan esensial dalam rangka eskalasi peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Makassar. Kelima program kerja tersebut meliputi pengembangan kualitas KBM dan PBM, peningkatan kualitas kemandirian siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler, pengembangan sarana dan prasarana dasar dan penunjang pendidikan, pemberdayaan komite sekolah dan peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai. Dalam lima program kerja tersebut tidak kurang dari 100 item-item program kerja pendukung untuk merealisasikan dari apa yang telah direncanakan sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 3 Makassar.


1. Pada awal tahun ajaran 2007 – 2008, tepatnya tanggal 26 s/d 29 Juli 2007, SMA Negeri 3 Makassar beserta civitas akademika mengadakan studi wawasan selama 3 hari di SMA Negeri 4 Denpasar Bali, dengan tujuan untuk melihat dari dekat pelaksanaan sistem pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana, perpustakaan, kesiswaan, kelas rintisan bertaraf internasional dan beberapa hal lainnya.

2. Pada awal tahun ajaran yang sama, SMA Negeri 3 Makassar mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dengan program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan program SKM (Sekolah kategori Mandiri) yang nantinya menjadi cikal bakal percontohan sekolah dengan Sistem Kredit Semester. Di samping itu, SMA negeri 3 Makassar juga menjadi Pusat Sumber Belajar (PSB) bagi sekolah di Propinsi Sulselbar.

3. Pada tahun ajaran 2007 – 2008, salah seorang dari siswa SMA Negeri 3 Makassar terpilih menjadi duta Indonesia untuk pertukaran pelajar di Negeri Matahari – Jepang. Siswa tersebut a.n. Rezki Midiono bersama dengan 4 rekannya dari seluruh Indonesia.

4. Pada awal tahun 2008 ini siswa-siswi SMA Negeri 3 Makassar selama kurang lebih 3 bulan ini telah banyak mendulang piala dalam berbagai kejuaraan seperti, kejuaraan bola basket antara pelajar, futsal, paskibra, lomba debat bahasa Inggris, lomba akuntansi dan beberapa lomba lainnya.

5. Entitas dari SMA Negeri 3 Makassar sebagai lembaga akademik telah mampu melakukan dan menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga dan instansi dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, bentuk kerja sama tersebut adalah pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi dan tergolong kurang mampu. Sumber beasiswa yang ada di SMA Negeri 3 Makassar antara lain berasal dari Diknas, Pertamina, Bank Mandiri, PT. Jasa Raharja, Sampurna Fondation kerjasama dengan Direktorat Dikmenum. Di samping itu SMA Negeri 3 Makassar juga melakukan kerjasama dengan produk-produk seperti Telkomsel, Fanta, Indosat, KeKer Fajar, Radio Prambors. Begitu juga halnya dengan beberapa perguruan tinggi baik di Makassar (seperti UNM, Unhas, UIN, Politeknik Negeri Ujungpandang dan beberapa PTS lainnya) maupun di luar Makassar seperti STIE Perbanas Surabaya, Unair, Unibra, Politeknik Telkom Bandung, Unissula Semarang, IPB Bogor, LPPM Manajemen Jakarta termasuk perwakilan dari beberapa Perguruan Tinggi di Malaysia dan Singapura yang kesemuanya itu datang dan melihat SMA Negeri 3 Makassar sekaligus untuk sosialiasi dari PT-nya masing-masing. Hal yang sama juga dilakukan oleh lembaga Kepolisian dan beberapa Pertahanan Keamanan seperti Polresta Makassar Timur, Ajendam VII Wirabuana, Lanud Hasanuddin yang maksud kedatangannya di samping sosialiasi juga mencari para calon taruna/prajurit untuk direkrut.

6. Sampai sekarang ini, dalam rangka realisasi dari Program RSBI dan SKM, SMA Negeri 3 Makassar, telah memiliki satu ruang kelas khusus yang dilengkapi dengan sarana khusus seperti jaringan internet, fasilitas komputer dan LCD.

7. Peningkatan kualitas di SMA Negeri 3 Makassar tak henti-hentinya terus digenjot. Hal ini dibuktikan dengan didorongnya SDM Guru untuk lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan mengambil S2 di PT (Universitas). Sampai saat ini SMA Negeri 3 Makassar telah memiliki 13 tenaga guru berkualifikasi S2.

8. Sebagai implementasi dan penguatan nilai-nilai ruhiyah/ilahiah SMA Negeri 3 Makassar juga melakukan acara perayaan hari-hari besar keagamaan seperti Sholat Iedul Fithri dan Iedul Adha termasuk peringatan hari-hari besar keagamaan lainnya misalnya acara maulid dan Isra Mi’raj. Seperti halnya di bulan maret ini diadakan Maulid bersama dengan mengundang da’i kondang kota Makassar yang sekaligus anggota legislatif (DPRD Kota Makassar) Ust. Drs. H. Amiruddin Lewa.

9. Sebagai realisasi dari KTSP dan program kerja SMA Negeri 3 Makassar, pada bulan maret ini juga melaksanakan pembelajaran di luar kelas dengan melibatkan 13 mata pelajaran yang ada di dalam KTSP. Tempat yang dikunjungi adalah Desa Mattappa, Kecamatan Bungoro kabupaten Pangkep dengan program dan tujuan untuk melakukan penelitian sederhana dengan dimensi dan multilesson.

You Might Also Like

0 komentar


Chatting Yuk...

Flickr Images